Facebook ialah salah satu media sosial terbesar dan terkenal yang ada di dunia dan telah dipergunakan oleh milyaran user dari seluruh kalangan masyarakat.


Sesuai dengan fungsinya, Facebook dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi dan memperluas jaringan pertemanan.

Namun di samping fungsinya yang dimanfaatkan sebagai media pertemanan online, Facebook juga kini bisa dimanfaatkan sebagai media usaha. Bagaimana bisa?

Tentu saja, banyaknya pengguna Facebook membuat potensi dan peluang usaha lewat Facebook jauh lebih tinggi dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Pemasaran dan promosi produk atau jasa menjadi lebih mudah apabila dilakukan secara digital lewat Facebook yang notabene diakses oleh jutaan hingga milyaran manusia dari berbagai kalangan masyarakat di seluruh penjuru dunia.

Potensi inilah yang membuat Facebook juga dikenal sebagai salah satu media usaha yang sangat efektif dan patut dimanfaatkan bagi setiap pengusaha yang tengah mengembangkan produk atau jasa yang dikelola.

Trik Mengelola Facebook Sebagai Media Usaha yang Efektif

Lalu bagaimanakah cara memanfaatkan dan mengelola Facebook sebagai media usaha? Berikut ini beberapa trik yang perlu Anda terapkan.

1. Tetapkan target usaha

Dalam menentukan target usaha, Anda harus mengetahui pangsa pasar dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Apabila Anda menjual pakaian dan perlengkapan bayi, maka target usaha Anda adalah para ibu rumah tangga.

Sedangkan bila Anda menjual pakaian muslim wanita, maka target usaha Anda adalah remaja atau wanita muslim yang mengenakan hijab.

Pastikanlah pengikut atau penyuka dari halaman Facebook usaha Anda adalah calon pelanggan potensial yang mayoritasnya merupakan target usaha Anda sehingga potensi dan peluang usaha yang diciptakan akan semakin terbuka.

2. Buat konten yang menarik perhatian

Suatu iklan atau promosi bisnis akan terlihat menarik apabila mempunyai tampilan yang unik, baik dari segi visual maupun keindahan kata-kata menjadi hal yang penting dalam sebuah konten promosi.

Begitu pula yang perlu Anda terapkan dalam melakukan strategi bisnis melalui Facebook saat ini. Pastikanlah konten iklan, kata-kata promosi dan penyampaian promo yang Anda lakukan diterapkan dengan sebaik mungkin.

Hal ini nantinya akan menambah daya tarik promosi produk atau jasa yang Anda miliki sehingga perkembangan bisnispun bisa berjalan dengan baik.

3. Ciptakan hubungan komunikasi yang efektif

Adanya interaksi antara penjual dan pembeli tentu saja membuat profit usaha yang Anda peroleh akan semakin tinggi.

Lewat Facebook, Anda harus rajin memposting hal-hal menarik dari produk yang Anda miliki dan menanggapi pertanyaan atau respon dari calon pembeli.

Dengan terciptanya hubungan yang baik bersama para pelanggan, maka peluang usaha akan semakin terbuka. Kenyamanan dari pelayanan yang diperoleh pelanggan adalah prioritas nomor satu dalam menjalankan usaha, termasuk usaha online dengan mengandalkan Facebook sebagai medianya.

4. Terapkan strategi iklan yang terbaik

Saat ini berbagai fasilitas di Facebook dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi, ada juga beberapa diantaranya khusus dibuat untuk memasang iklan usaha yang Anda miliki.

Hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena lewat Facebook Ads atau periklanan Facebook, peluang usaha yang jauh lebih menjanjikan bisa Anda peroleh dengan baik.

Apabila beberapa hal tadi sudah diterapkan namun belum menghasilkan profit yang bonafit, maka alternative lainnya yaitu Anda bisa mengandalkan jasa pemasangan iklan Facebook secara online saat ini.

Dengan memanfaatkan jasa pemasangan iklan lewat Facebook, diharapkan optimisasi usaha Anda semakin meningkat sehingga berbagai keuntungan usaha bisa didapatkan.

Jasa akan membantu Anda untuk mengelola strategi periklanan dan promosi yang Anda inginkan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga : Cara Optimasi Media Sosial


18 Jul 2022